Resep dan Cara Membuat Creamy and Spicy Omelette

Siapa yang nggak suka sama hidangan telur? Pasti pada suka kan? Apalagi telur itu cocok banget dimasak dengan bumbu dan gaya apa aja. Bahkan cuma diceplok aja telur juga udah enak.

Seperti yang kita tahu, omelette itu salah satu hidangan yang disuka banyak orang di dunia. Ada yang makan omelette untuk sarapan, makan siang, dan juga ada yang makan untuk makan malam mereka.

Menurut sejarahnya sendiri, omelette itu ada yang bilang asalnya dari berbagai negara. Ada yang bilang dari Iran, Persia, dan juga Perancis.

Namun, omelette sendiri sekarang menjadi salah satu makanan yang mendominasi masakan di berbagai negara, tentunya dengan ciri khas dan gaya masing-masing, seperti Jepang dan Korea yang punya versinya sendiri.

Omelette juga merupakan hidangan yang sangat fleksibel. Kalian bisa masukin berbagai bahan ke dalam omelette kalian, sesuai dengan selera masing-masing.

Biasanya, untuk omelette pada umumnya sih ada yang pake sayuran (wortel, dll), jamur, keju, daging asap/cincang, dll. Nah, kalau resep yang satu ini bisa dibilang versi aku sendiri yang pastinya omelette ini creamy, lembut, dan juga spicy.

baca juga: Iga Sapi Garang Asem

Bahan-bahan yang dibutuhkan (2 porsi):

  • 4 butir telur
  • 1 sdm susu
  • keju parut (secukupnya atau sesuai selera)
  • 2 sdm mentega/butter/margarin
  • 1 buah tomat (iris dadu)
  • 5 jamur champignon/kancing
  • irisan daun bawang (secukupnya)
  • bawang goreng (secukupnya)
  • irisan cabe rawit yang sudah ditumis (secukupnya)
  • minyak/mentega untuk olesan wajan

Alat:

  • Wajan

Cara membuat:

IMG_8151
Sumber: Dok. Penulis

Langkah pertama, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan kocok. Masukkan susu dan mentega, lalu kocok lagi hingga tercampur rata semuanya. Masukkan tomat, daun bawang, cabe rawit, bawang goreng, dan jamur, lalu aduk hingga rata.

IMG_8169
Sumber: Dok. Penulis

Panaskan wajan di kompor dan beri mentega/minyak ke dalam wajan agar tidak lengket. Bagi adonan menjadi 2 dan tuang adonan 1 ke dalam wajan. Tabur keju parut diatasnya dan aduk terus telurnya seperti memasak scramble egg.

Kalau sudah setengah matang, kumpulkan telurnya di satu sisi wajan seperti bentuk omelette yang sudah dilipat.

Masak kedua sisi hingga matang dan coklat keemasan dengan api sedang. Masak adonan 2 dengan cara yang sama ya.

Jika sudah matang, matikan kompor dan hidangkan creamy and spicy omelette dengan kentang goreng atau mashed potato agar lebih nikmat.

IMG_8182
Sumber: Dok. Penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s